Selasa, 27 Maret 2012

Organisasi dan Metode - Pengertian


<2>

Pengertian Organisasi
Organisasi  terdiri dari kata organon yang berarti alat. Organon berasal dari bahasa yunani. Dalam kamus besar Indonesia organisasi memiliki pengertian kelompok kerja sama antara orang-orang yg diadakan untuk mencapai tujuan bersama.
sebuah organisasi kewanitaan di dalam perkantoran yang sering disebut DHARMAWANITA.
Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.
James D. Mooney >> Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan orang-orang untuk mencapai suatu tujuan bersama  (ORGANIZATION IS THE FORM OF EVERY HUMAN ASSOCIATION FOR THE ATTAINMENT OF COMMON PURPOSE).
John D. Millet  >> Organisasi adalah sebagai kerangka struktur dimana pekerjaan dari beberapa orang diselenggarakan untuk mewujudkan suatu tujuan bersama (ORGANIZATION IS THE STRUCTURAL FRAMEWORK WITHIN WHICH THE WORK OF MANY INDIVIDUALS IS CARRIED ON FOR THE REALIZATION OF COMMON PURPOSE).
Herbert. A. Simon >> Organisasi adalah pola komunikasi yang lengkap dan hubungan-hubungan lain di dalam suatu kelompok orang-orang (ORGANIZATION IS THE COMPLEX PATTERN OF COMMUNICATION AND OTHER RELATIONS IN A GROUP OF HUMAN BEING).
Chester L. Barnard >> Organisasi adalah sebuah sistem tentang aktivitas kerjasama dua orang atau lebih dari sesuatu yang tidak berwujud dan tidak pandang bulu, yang sebagian besar tentang persoalan silaturahmi (ORGANIZATION IS A SYSTEM OF COOPERATIVE ACTIVITIES OF TWO OR MORE PERSON SOMETHING INTANGIBLE AND IMPERSONAL.  LARGELY A MATTER OF RELATIONSHIP).
Dwight Waldo >> Organisasi adalah sebagai suatu struktur dari kewenangan-kewenangan dan kebiasaan-kebiasaan dalam hubungan antara orang-orang pada suatu sistem administrasi (ORGANIZATION IS THE STRUCTURE OF AUTHORITATIVE AND HABITUAL PERSONAL INTERRELATIONS IN AN ADMINISTRATIVE SYSTEM).
Luther Gulick >> Organisasi adalah alat saling hubungan satuan-satuan kerja yang memberikan mereka kepada orang-orang yang ditempatkan dalam struktur kewenangan, dengan demikian pekerjaan dapat dikoordinasikan oleh perintah para atasan kepada para bawahan yang menjangkau dari puncak sampai ke dasar dari seluruh badan usaha ( ORGANIZATION IS THE MEANS OF INTERRELATING THE SUBDIVISIONS OF WORK BY ALLOTTING THEM TO MEN WHO ARE PLACED IN A STRUCTURE OF AUTHORITY, SO THAT THE WORK MAY BE COORDINATED BY ORDERS OF SUPERIORS TO SUB ORDINATES, REACHING FROM THE TOP TO THE BOTTOM OF THE ENTIRE ENTERPRISE ).
Henry L. Sisk >> Organisasi sebagai suatu kesatuan, yaitu sekelompok orang yang terlibat bersama-sama di dalam hubungan yang resmi untuk mencapai tujuan-tujuan (ORGANIZATION AS A WHOLE, IE A GROUP OF PEOPLE INVOLVED TOGETHER IN A FORMAL RELATIONSHIP TO ACHIEVE THESE GOALS).
Schein >> Organisasi merupakan suatu sistem terbuka, yang memiliki interaksi konstan dengan lingkungannya, serta terdiri dari banyak sub-grup, unit-unit jabatan, susunan hierarki serta segmen yang tersebar secara geografis(ORGANIZATION IS AN OPEN SYSTEM, WHICH HAS A CONSTANT INTERACTION WITH ITS ENVIRONMENT, AND CONSISTS OF MANY SUB-GROUPS, OFFICE UNITS, THE STRUCTURE OF THE HIERARCHY AS WELL AS SEGMENTS THAT ARE GEOGRAPHICALLY DISPERSED).
Monir H. Thayeb  >> Organisasi dapat dilihat dengan dua cara berbeda, yaitu organisasi sebagai suatu sistem terbuka yang terdiri atas sub-sistem yang saling  berkaitan, dan memperoleh input untuk diolah yang berasal dari lingkungan serta menyalurkan output hasil pengolahan ke lingkungan kembali, atau organisasi sebagai sekelompok orang yang berkerjasama untuk mencapai suatu tujuan bersama (ORGANIZATIONS CAN BE VIEWED IN TWO DIFFERENT WAYS, NAMELY THE ORGANIZATION AS AN OPEN SYSTEM THAT CONSISTS OF SUB-SYSTEMS ARE INTERCONNECTED, AND OBTAIN INPUTS TO BE PROCESSED WHICH ORIGINATED FROM THE ENVIRONMENT AS WELL AS TO OUTPUT THE PROCESSING RESULTS BACK TO THE ENVIRONMENT, AND THE ORGANIZATION AS A GROUP OF PEOPLE WHO COLLABORATED TO ACHIEVE A COMMON GOAL).

sumber :

http://windidwifirlyani.blogspot.com/2011/09/organisasi-dan-metode.html
wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar