Selasa, 27 Maret 2012

Struktur Organisasi Perusahaan Unilever


<5>
TIPE STRUKTUR ORGANISASI
Dengan semakin berkembangnya perekonomian dan kemajuan teknologi terutama dalam dunia usaha, menyebabkan para pebisnis Tanah Air benar-benar menghadapi ujian yang tak ringan. Selain kondisi ekonomi makro yang masih tertekan gelombang krisis global, daya beli konsumen juga melemah dan menuntut kemampuan untuk menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat.
Seiring dengan hal tersebut perusahaan harus membuat strategi yang tepat untuk menghadapi persaingan tersebut. Dimana, strategi tersebut yang nantinya akan mempengaruhi struktur organisasi dan struktur organisasi yang terintegrasi akan mempengaruhi efisiensi dan efektivitas perusahaan dalam mengimplementasikan strategi tersebut.
Pada kenyataanya, para pesaing gobal yang paling produktif adalah mereka yang memiliki kemampuan inovasi produk yang efektif dan sebuah struktur organisasi yang memfasilitasi keberhasilan. Memilih struktur dan kontrol organisasi yang akan menerapkan strategi terpilih dengan efektif merupakan tantangan utama bagi para manajer. Alasannya dalah bahwa dalam perekonomian global, perusahaan harus fleksible, inovatif dan kreatif untuk mendayagunakan kompetensi inti untuk mengejar peluang – peluang pasar sertajuga diperlukan adanya tingkat stabilitas tertentu dalam struktur tersebut yang dapat menyediakan tingkat flexibilitas dan stabilitas tertentu yang diinginkan.

STRUKTUR MANAJEMEN
Komitmen kami dalam perkembangan yang berkesinambungan  dimasukkan dalam agenda bisnis melalui visi baru kami. Struktur manajemen untuk membantu kami memenuhi komitmen diintegrasikan ke dalam kerangka organisasi kami :
  • Dan tanggung jawab perusahaan diperjuangkan dan dipimpin oleh anggota dari Eksekutif Unilever: Vindi Banga, Presiden Makanan, Rumah Tangga, dan Perawatan Pribadi. Eksekutif Unilever ini bertanggung jawab pada kepemimpinan operasional dalam usaha.
  • Strategi pengembangan sosial dan lingkungan adalah bertanggung jawab pada empat kategori produk dan tim brand global mereka. Kategori ini antara lain rempah-rempah, saus dan krim oles, es krim dan minuman; perawatan pribadi dan perawatan rumah tangga.
  • Dilakukan di beberapa perusahaan operasional kami meliputi tiga area: Amerika; Eropa Barat; dan Asia, Afrika dan Eropa Tengah & Eropa Timur.
  • Dibuat dan tindakan dikoordinasi oleh tim kepemimpinan Penanggungjawab Perusahaan, Isu, Kesinambungan, dan Kemitraan  kami (CRISP). Tim ini terdiri dari pemimpin senior dari seluruh bisnis yang bertemu secara teratur dan dipimpin oleh anggota eksekutif Unilever kami, Vindi Banga.
  • Tata kelola kami sebagai tanggung jawab corporate citizen didukung oleh Komite Tanggung Jawab dan Reputasi Dewan
  • Tim kepemimpinan kami dari CRISP dan Komite Dewan mendapat pengarahan dari Grup Perkembangan Berkesinambungan Unilever (USDG) – sebuah grup yang terdiri dari lima ahli eksternal dalam hal tanggung jawab perusahaan dan kesinambungan yang membimbing dan memberikan kritik mengenai strategi perkembangan kami.
  • Struktur tata kelola ini didukung oleh tim kecil dari pusat perusahaan kami di London, dipimpin oleh Senior Vice-Presidentuntuk divisi Tanggung Jawab Perusahaan kami, yang menjadi anggota dalam tim kepemimpinan Penanggungjawab Perusahaan, Isu, Kesinambungan, dan Kemitraan (CRISP)  dan mendukung Komite Tanggung Jawab dan Reputasi Dewan kami serta Grup Perkembangan Berkesinambungan Unilever.
  • Tim spesialis dalam Unilever mendukung pekerjaan kami dalam pemeliharaan seperti Pusat Keamanan dan Jaminan Lingkungan Hidup,Grup Kemitraan Kesehatan Global  dan Grup Pengelola Pertanian Berkesinambungan. Tim ini juga menerima masukan eksternal, contohnya dari Dewan Penasihat Pertanian Berkelanjutan.

    sumber :
    http://melishaputri.wordpress.com/2011/10/15/struktur-organisasi-perusahaan-unilever/
    www.google.co.idhttp://www.unilever.co.id/id/sustainability/strategy/Governance/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar